Doa Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Tidur

Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur

Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur - Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk membagikan doa-doa kepada sahabat semua, dan doa yang kali ini akan saya bagikan yaitu Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur, Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur ini bisa dibilang cukup mudah diingat/dihafalkan karena memang doanya yang pendek dan mudah dimengerti, sehingga kita mudah menghafalkan Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur ini.

Do’a Sebelum Tidur :

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ


Latin : BismikaAllahumma ahya wa amutu
Artinya :Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Do’a Sesudah Bangun Tidur :


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ


Latin : Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur
Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit.

Keterangan :


Doa ini berdasarkan hadits nabi yang diambil dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ : بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ


Artinya :
Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (Bukhari)

Semoga  Bermanfaat.